Komunikasi Terapeutik
NAMA : REYHAN YUDA ARDIANSYAH
NIM : 1130023122
KELAS : 3C
Komunikasi terapeutik merupakan interaksi bersama antara perawat dan pasien dalam proses komunikasi yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh pasien. Manusia merupakan makhluk sosial yang hidup dan menjalankan seluruh aktivitasnya sebagai individu dalam kelompok sosial, komunitas, organisasi maupun masyarakat. Komunikasi merupakan proses yang sangat khusus dan berarti dalam hubungan antar manusia. Pada profesi keperawatan bagi Abdalati (1989) komunikasi menjadi lebih bermakna karena merupakan metoda utama dalam mengimplementasikan proses keperawatan. Pengalaman ilmu untuk menolong sesama memerlukan kemampuan khusus dan kepedulian sosial yang besar.
Keberhasilan yang diperoleh layanan kesehatan dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan berhubungan erat dengan kepuasan pasien (Putri, 2014). Kewajiban perawat adalah membantu pemulihan pasien melalui suatu tindakan keperawatan dan komunikasi terapeutik (Nugroho dan Aryati, 2009). Jika persentase kepuasan pasien yang diperoleh tinggi berarti layanan kesehatan rumah sakit tersebut baik, dan sebaliknya jika tingkat kepuasan pasien rendah, maka layanan rumah sakit tersebut perlu dibenahi khususnya dalam hal berkomunikasi. Menurut Hidayat (2008), Yang sangat memiliki peran penting dalam membepelayanan keperawatan, yaitu bagaimana seorang perawat menyampaikan informasi dan memberikan tanggapan atas keluhankeluhan pasien dan bagaimana cara perawat dalam mengatasi keluhankeluhan pasien, seperti memberikan informasi atas penyakit yang diderita pasien serta tindakan keperawatan yang akan dilakukan. Dalam berkomunikasi sikap juga sangat berpengaruh terhadap keberhasilan komunikasi terapeutik.
Komentar
Posting Komentar